Berita Utama (12)
Pelatihan (0)
Pembinaan (1)
Sosialisasi (0)
Workshop (1)













• 29 Desember 2015
Rapat Paripurna


Beranda » Berita Utama » Pelaksanaan Asistensi Dan Monev Kegiatan UPP Kabupaten Trenggalek Oleh Kelompok Ahli UPP Jawa Timur

Selasa, 28 Agustus 2018 - 23:12:46 WIB
Pelaksanaan Asistensi Dan Monev Kegiatan UPP Kabupaten Trenggalek Oleh Kelompok Ahli UPP Jawa Timur
Diposting oleh : Admin
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 83 kali


Inginkan Upaya Pencegahan Pungli Prima, Kelompok Ahli UPP Jatim  Melakasanakan Monitoring dan Evaluasi Upaya Pencegahan Pungli di Kabupaten Trenggalek.

Kelompok Ahli Unit Pencegahan Pungli (UPP) Provinsi Jawa Timur lakukan evaluasi dan monitoring kinerja UPP Kabupaten Trenggalek, Senin (21/8/2018). Evaluasi Pok Ahli ini dilakukan untuk mewujudkan penyenggaraan Pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN sekaligus menjadi tolak ukur keberhasilan dalam pencegahan dan pemberantasan pungli di lembaga-lembaga publik dan pemerintahan.

Satu Tim Kelompok Ahli UPP Jatim diturunkan untuk evaluasi ini dan rencananya mereka akan melakukan peninjauan di beberapa lembaga-lembaga publik dan pemerintahan.

Iqbal Felisiano, SH, L.LM, ketua Tim Kelompok Ahli UPP Jatim, dalam paparannya menyatakan proses terbentuknya Tim Saber Pungli tentunya belum bisa menuntaskan semua permasalahan, sehingga perlunya ada penyelesaian secara  bersama," tutur Iqbal.

Perlu adanya kerjasama dan koordinasi yang baik dari semua pihak di daerah dengan Tim Saber Pungli di Provinsi, sehingga upaya pencegahan pungutan liar bisa berjalan maksimal.

Ditambahkan oleh Iqbal, saat ini partisipasi masyarakat terhadap upaya pencegahan pungutan liar masih dirasa kurang, kunjungan masyarakat terhadap Website dan Call center Tim Saber Pungli dirasa masih sangat minim.

Sedangkan Ketua Pelaksana Satgas UPP Kabupaten Trenggalek Kompol Agung Setiono S.S, menyampaikan dukungan Pemkab Trenggalek terhadap pelaksanaan UPP di Trenggalek sudah sangat luar biasa.

Selama terbentuk UPP Trenggalek telah melakukan upaya, baik penindakan maupun pencegahan pungli di Kabupaten Trenggalek. "Tercatat ada tiga kegiatan penindakan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah penyelenggaraan Prona di salah satu Desa dan retribusi tempat wisata," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Wakapolres Trenggalek ini.

Lebih lanjut Kompol Agung Setiono S.S, menambahkan sedangkan di tahun 2018 ini,  UPP Kabupaten Trenggalek lebih fokus terhadap optimalisasi upaya pencegahan," imbuhnya.

Plh. Bupati Trenggalek, Drs. Pariyo, menambahkan memang salah satu tugas dari UPP adalah melakukan penyelidikan dan penindakan, namun yang paling utama yang perlu ditekankan adalah upaya pencegahan.

Menurut Plh. Bupati ini letak Geografis dan topografi Trenggalek yang pegunungan, dulu sangat berpotensi untuk terjadinya pungli.

Dicontohkan oleh Plh. Bupati ini, pengurus KTP di Kecamatan dulunya bisa dikenakan biaya mahal bahkan nilainya bisa ratusan ribu per KTP. Hal ini terjadi dikarenakan di kruskan dengan biaya transportasi dari kecamatan ke Kabupaten.

Tentunya dengan kondisi ini, biaya pengurusan KTP di beberapa Kecamatan seperti Panggul dan Munjungan menjadi cukup mahal.

Kondisi ini membuat Pemerintah Kabupaten Trenggalek melakukan inovasi pencegahan dengan mendekatkan titik-titik pelayanan sehingga, biaya yang tinggi ini bisa dihindari.

Drs Pariyo, berharap upaya-upaya pencegahan seperti ini bisa dikedepankan, daripada upaya penyelidikan dan penindakan, tandasnya.





/ /


Desember, 2018
MSSR KJS
      1
2345678
91011 12131415
16171819202122
23242526272829
3031     





030695

Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 8390

Hits hari ini : 4
Total Hits : 30695

Pengunjung Online: 1





Bagaimana Transparansi Anggaran Pemerintah di Kabupaten Trenggalek?

Bagus
Cukup Bagus
Kurang

Lihat Hasil Poling