Berita Utama (13)
Pelatihan (0)
Pembinaan (1)
Sosialisasi (0)
Workshop (1)













• 29 Desember 2015
Rapat Paripurna


Beranda » Berita Utama » SURAT KETERANGAN BEBAS TEMUAN

Rabu, 06 November 2019 - 11:10:16 WIB
SURAT KETERANGAN BEBAS TEMUAN
Diposting oleh : Bapak Inspektur
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 22 kali


SURAT KETERANGAN BEBAS TEMUAN  (SRANGAN BETE) SEBAGAI PERSYARATAN BAGI PNS YANG AKAN MENGAJUKAN MUTASI

Pegawai Negeri Sipil adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Manajemen pegawai negeri sipil adalah pengelolaan pegawai negeri sipil untuk menghasilkan pegawai negeri sipil yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Salah satu manajemen pegawai negeri sipil adalah mutasi, dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara nomor 5 tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Mutasi dipasal 1 ayat (2), yang dimaksud dengan mutasi adalah perpindahan tugas dan/atau lokasi dalam 1 (satu) Instansi Pusat, antar-Instansi Pusat, 1 (satu) Instansi Daerah, antar-Instansi Daerah, antar-Instansi Pusat dan Instansi Daerah, dan ke perwakilan Negara Indonesia di luar negeri serta atas permintaan sendiri.

Oleh karena itu setiap PNS dapat dimutasi tugas dan/atau lokasi dalam 1 (satu) Instansi Pusat, antar-Instansi Pusat, 1 (satu) Instansi Daerah, antar-Instansi Daerah, antar-Instansi Pusat dan Instansi Daerah, dan ke perwakilan Negara Kesatuan Republik Indonesia di luar negeri.

Selain mutasi karena ditugaskan dengan alasan kedinasan, PNS dapat juga mengajukan mutasi tugas atau lokasi tugas atas permintaan sendiri dengan persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah surat keterangan bebas temuan yang diterbitkan Inspektorat dimana PNS tersebut berasal.

Memenuhi ketentuan persyaratan mutasi sebagaimana tercantum dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara tersebut,  Inspektorat Kabupaten Trenggalek sesuai dengan kewenangan berdasarkan Peraturan Bupati Trenggalek nomor 34 tahun 2017 tentang Penjabaran Tugas Inspektorat telah membuka pelayanan penerbitan Surat Keterangan Bebas Temuan bagi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Lingkup temuan yang dikelola Inspektorat Kabupaten Trenggalek adalah temuan hasil pengawasan/pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/ eksternal dan Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah pada pasal 1 ayat (3) Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP)  adalah inspektorat jenderal kementerian, unit pengawasan lembaga pemerintah non kementerian, inspektorat provinsi dan inspektorat kabupaten/kota.

Persyaratan pengajuan surat keterangan bebas temuan sebagai berikut :

1)      Permohonan tertulis kepada Inspektur Kabupaten Trenggalek di ketahui oleh Kepala Perangkat Daerah.

2)      Photo copy SK CPNS 1 lembar dilegalisir.

3)      Photo copy SK PNS 1 lembar dilegalisir

4)      Photo copy SK pangkat terakhir 1 lembar dilegalisir.

5)      Photo copy jabatan terakhir 1 lembar dilegalisir.

Jika berdasarkan hasil identifikasi data, terdapat temuan yang belum ditindak lanjuti, maka Inspektorat Kabupaten Trenggalek akan memberi kesempatan selama 14 (empat belas) hari untuk memenuhi  dan melengkapi tindak lanjut temuan tersebut.

Apabila dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari, tindak lanjut dari temuan belum dipenuhi maka Inspektorat Kabupaten Trenggalek akan menerbitkan Surat Keterangan Bebas Temuan dengan keterangan masih ada temuan yang harus di penuhi/ditindaklanjuti.

Nah, itulah sekilas tentang Pelayanan Surat Keterangan Bebas Temuan pada Inspektorat Kabupaten Trenggalek sebagai salah satu persyaratan dalam pengajuan permohonan Mutasi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, semoga bermanfaat.

Lampiran bisa didownload :

http://inspektorat.trenggalekkab.go.id/downlot.php?file=SURAT%20KETERANGAN%20BEBAS%20TEMUAN%202.doc

http://inspektorat.trenggalekkab.go.id/downlot.php?file=SURAT%20KETERANGAN%20BEBAS%20TEMUAN%201.doc





/ /


November, 2019
MSSR KJS
     12
3456789
101112 13141516
17181920212223
24252627282930





039362

Pengunjung hari ini : 22
Total pengunjung : 13802

Hits hari ini : 52
Total Hits : 39362

Pengunjung Online: 1





Bagaimana Transparansi Anggaran Pemerintah di Kabupaten Trenggalek?

Bagus
Cukup Bagus
Kurang

Lihat Hasil Poling